ULASAN1

MultiProcessing? MultiThreading?

Sesuai judulnya, blog kali ini akan membahas tentang multiprocessing dan multithreading. Konten dari blog ini terambil dari sebuah video Youtube berjudul "Want to Know Multiprocessing and Multithreading difference, Try this" yang dapat diakses melalui https://youtu.be/wPgsqatFXBo. Video berdurasi 5 menit 29 detik tersebut diunggah oleh kanal bernama HowTo pada tanggal 11 April 2015.

Video ini memberikan sebuah penggambaran bagaimana proses dari multiprocessing dan multithreading di kehidupan nyata. Andaikan seorang petugas mini market mengalami kesulitan menangani tugasnya karena segala jenis pekerjaan harus ia kerjakan seorang diri, mulai dari menghitung total belanja sampai membersihkan mini market. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan membuka mini market baru dengan 1 pekerja di dalamnya dengan harapan pekerjaannya dapat terbantu. Solusi ini mirip seperti menerapkan multi processing dalam menangani berbagai komputasi.

Namun ada solusi lain yang juga dapat diterapkan untuk masalah mini market tadi, yaitu mempekerjakan lebih dari 1 orang di dalam mini market tersebut. Dengan membuat pekerja lebih banyak, maka pekerjaan yang bisa ditangani dalam waktu bersamaan menjadi lebih banyak dibanding sebelumnya. Contohnya dengan 3 pekerja dalam suatu mini market maka pekerjaan menghitung total belanja, membersihkan mini market dan menghitung stok barang di gudang dapat dilakukan secara bersamaan. Cara penanganan seperti ini mirip dengan menerapkan multi threading dalam pengolahan data di processor.

Di masa kini perkembangan processor kian meningkat pesat sehingga istilah seperti multi processor, multi thread, bahkan multi core sudah tidak jarang lagi ditemukan. Video yang menjadi acuan blog ini akan sangat membantu untuk orang yang ingin mengerti seperti apa garis besar dari multi processing dan multi threading. Video ini juga meyebutkan apa contoh perbedaan process dan thread dalam suatu sistem operasi.

Github account : joepw
URL Video : https://youtu.be/wPgsqatFXBo (05:29)
Video Author : HowTo
Pemetaan konten : week 08
Revisi Pertama : 8 Mei 2017
Revisi Terakhir : 8 Mei 2017


Komentar

Postingan Populer