ULASAN2

RACE CONDITION

Blog kedua ini juga masih membahas seputar Synchronization dalam sistem operasi. Terkhusus mengenai "Race Condition". Referensi dari blog kedua ini terambil dari sebuah video Youtube yang berjudul "What is Race condition in Operating System : Real Life Example" yang dapat diakses melalui https://youtu.be/s8_ZxcG7Jco. Video berdurasi 5 menit 33 detik tersebut diunggah oleh kanal bernama HowTo pada tanggal 27 Januari 2016.

Secara definisi, di bagian deskripsi video ini sudah dijelaskan secara singkat apa arti dari race condition, yaitu "ketika beberapa proses mencoba mengakses atau memanipulasi data yang sama secara bersamaan, hasil eksekusinya tergantung pada ordernya". Untuk dapat mengerti apa arti definisi tersebut, video ini juga menjelaskan kondisi balap (race condition) dengan bantuan contoh kehidupan nyata. Misalkan seorang bernama John menyimpan uang di bank X sebesar 5000 rupiah. Ia ingin mengambil uang 2000 rupiah melalui ATM, maka ATM harus memeriksa ke database apakah saldo yang dimiliki oleh John mencukupi untuk dapat diambil. Lalu jika mencukupi saldo di database dikurangi dan nilainya di update dengan nilai saldo baru.

Di lain tempat pada waktu yang bersamaan, teman John bernama Mac ingin mengirim 4000 rupiah ke rekening John melalui ATM. Algoritma yang berjalan untuk mengirim uang dari Mac kepada John mirip seperti saat John mengambil uang, yaitu mulai dari memeriksa saldo rekening Mac, lalu jika mencukupi saldo Mac dikurangi sejumlah X dan X ditambahkan ke saldo John. Proses yang berjalan di ATM tempat John mengambil uang akan menghasilkan saldo John yang bersisa 5000 - 2000 = 3000 rupiah, namun ATM tempat Mac mengirim uang menghasilkan saldo John menjadi 5000 + 4000 = 9000 rupiah. Bisa dilihat bahwa terjadi perbedaan nilai di kedua tempat yang mengacu ke objek yang sama, yaitu saldo rekening John. Peristiwa ini disebut race condition yaitu ketika beberapa proses mencoba mengakses atau memanipulasi data yang sama secara bersamaan dan hasil eksekusinya tergantung pada proses yang dilakukan terakhir.

Sangat banyak istilah-istilah asing yang baru didengar saat kita mencoba mendalami tentang Sistem operasi khususnya materi Synchronization (sinkronisasi), salah satunya adalah Race Condition. Untuk dapat memahami secara garis besar dari Race Condition, video yang menjadi acuan blog ini dapat membatu kita untuk memahami dengan contoh sederhana dari kehidupan nyata.

Github account : joepw
URL Ulasan : http://joepw3.blogspot.co.id/2017/05/ulasan2.html
URL Video : https://youtu.be/s8_ZxcG7Jco (05:33)
Video Author : HowTo
Pemetaan konten : week 07
Revisi Pertama : 9 Mei 2017
Revisi Terakhir : 9 Mei 2017


Komentar

Postingan Populer